di Tengah Maraknya Krisis Moral, Mahasiswa Jurusan IHK-PPKn Beri Penguatan Karakter Pada Siswa SMK 3 Gorontalo

Oleh: Intan Tiara Kartika . 12 September 2024 . 10:37:26

Gorontalo-Mahasiswa Jurusan IHK-PPKn Universitas Negeri Gorontalo turun langsung ke SMK Negeri 3 Gorontalo untuk memberikan penguatan karakter kepada siswa, Kamis (12/9/2024). Kegiatan ini digelar sebagai respons atas meningkatnya krisis moral di kalangan remaja akibat pengaruh negatif era digital dan sosial media.

Krisis moral di kalangan generasi muda menjadi perhatian serius berbagai pihak, termasuk akademisi. Melalui kegiatan ini, mahasiswa IHK-PPKn dimentori dosen pendamping memberikan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama dalam menghadapi tantangan era modern.

Ketua Jurusan IHK-PPKn Dr. Ramli Mahmud, S.Pd., M.A., Saat di Temui TIM Redaksi PPKn,  menegaskan bahwa pendidikan karakter harus terus ditekankan untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral. "Di tengah maraknya krisis moral yang melanda, pendidikan karakter menjadi solusi utama. Kami ingin siswa SMK 3 Gorontalo dapat menjadi contoh dalam penerapan nilai-nilai positif di lingkungan mereka," ujarnya.

Kegiatan penguatan karakter ini dilakukan dengan metode interaktif, di mana siswa diajak berdiskusi, bermain peran, serta menganalisis kasus-kasus yang berkaitan dengan krisis moral. Para siswa tampak antusias dalam mengikuti setiap sesi, menunjukkan ketertarikan dalam membangun kepribadian yang lebih baik.

Selain itu, mahasiswa IHK-PPKn juga berharap agar kegiatan ini bisa menjadi momentum bagi sekolah-sekolah lain untuk lebih memperhatikan pentingnya pendidikan karakter dalam kurikulum. "Kami berkomitmen untuk terus terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan karakter, yang saat ini sangat krusial," tambah Ramli.

Melalui program ini, diharapkan siswa SMK Negeri 3 Gorontalo dapat menjadi agen perubahan yang mampu mengatasi berbagai tantangan moral dan sosial di lingkungannya. 

Penulis : TIM Redaksi Jurusan IHK-PPKn

 

Agenda